4 Cara Melatih Anak Berjalan

Penting untuk para orang tua memantau pertumbuhan sikecil ditahun pertamanya. Di tahun pertama tumbuh kembang anak umumnya mulai terlihat signifikan. Meskipun umumnya demikian, namun perlu juga disadari bahwa setiap anak memiliki tahapan pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda-beda.

Beberapa tahapan perkembangan sikecil yang dapat amati perkembangannya diantaranya adalah gerak kasar, yaitu kemampuan anak mulai dari tengkurap, duduk, berdiri, dan juga berjalan. Untuk gerak halus diantaranya kemampuan mata si kecil mengikuti gerak benda, kemampuan memegang serta menggenggam, hingga kemampuan anak untuk menulis dan juga menggambar.

Tak sedikit orang tua yang membandingan perkembangan buah hatinya dengan anak lain seumurannya. Kemampuan anak untuk berjalan, serta kemampuan anak untuk berbicara adalah dua hal yang seringkali membuat para orang tua khawatir. 

Seringkali muncul banyak pertanyaan dalam benak para orang tua: saat anak lain seumurannya telah mulai lancar berjalan, kenapa anakku belum bisa merangkak? Apakah pertumbuhan anak saya normal? Bagaimana caranya agar anak saya bisa cepat berjalan seperti anak lain seumurannya? Bagaimana Cara Melatih Anak Berjalan yang efektif? Berikut ini adalah beberapa tips yang mungkin dapat membantu anda untuk melatih anak berjalan.

Melatih Anak Berjalan

Beri Ruang Untuk Mengeksplore Seisi Rumah

Saat sang buah hati mulai aktif bergerak, adakalanya beri ruang si kecil untuk mengeksplore seisi rumah. Berikan kebebasan anak bereksplorasi kemanapun dia pergi, dengan kaki dan tangannya sendiri. Namun penting untuk memastikan area disekitarnya cukup aman untuknya bereksplorasi.

Menuntun atau Menetah Si Kecil

Ini adalah hal yang cukup umum dilakukan saat melatih anak berjalan. Posisikan tubuh anda di belakang Si Kecil, pegang tangannya, lalu ajak sang anak untuk ke posisi berdiri. Kemudian secara perlahan tarik satu tangan ke depan, lakukan hal ini terus sampai kakinya secara alami akan mengikuti saat ia mengangkat dan menggerakkan  pinggulnya untuk melangkah. Lakukan hal sampai dia merasa ingin berhenti dengan sendirinya, jangan memaksanya untuk terus berjalan ketika dia ingin berhenti, karena hal ini adapat menyebabkan rasa trauma bagi sang anak.

Anda dapat mem-variasikan dengan kegiatan bermain yang lain, misalnya dengan bola. Keberadaan bola dapat menarik perhatian sang anak untuk terus bergerak kearah bola, sesekali ajarkan sang anak untuk belajar menendangnya untuk melatih ketangkasan gerak kakinya. Sebaiknya lakukan kegiatan melatih anak berjalan ini dengan telanjang kaki, karena hal ini dapat melatih telapak kakinya untuk dapat menapak dengan sempurna.

Stimulasi Gerak

Banyak hal yang yang dapat anda lakukan untuk menstimulasi serta melatih gerak dan keseimbang saat sang buah hati belajar berjalan. Sesekali anda dapat memancingnya dengan meletakkan mainan kesukaanya pada posisi yang dapat membuat si kecil agar berusaha untuk meraih mainan tersebut. Contoh dengan meletakkan mainan di lantai dan posisi si kecil lebih tinggi.

Anda juga dapat melakukan stimulasi pada sang buah hati aktifitas permainan jongkok dan berdiri. Hal ini dapat membantu otot pinggulnya lebih kuat sehingga dapat lebih stabil ketika berjalan. Sesekali anda juga dapat melatihnya berjalan di atas rumput, selain untuk mulai mengenalkannya pada lingkungan sekitar hal ini dapat melatih keseimbangan dan kekuatannya dalam menapakkan kakinya.

Demikianlah tadi diantaranya beberapa tips Cara Melatih Anak Berjalan yang dapat kami bagikan. Jangan terlalu memaksakan memaksakan diri saat melatih sang anak untuk berjalan, jangan sampai keinginan anda agar sang buah bisa berjalan dengan cepat justru menyebabkan trauma pada buah hati anda. Adakalanya anak akan terjatuh saat tengah belajar berjalan, Senantiasa berikan dukungan dengan penuh kesabaran.


Author Profile

About Hana

Lorem ipsum dolor sit amet, consetetur sadipscing elitr, sed diam nonumy eirmod tempor invidunt ut labore et dolore magna aliquyam erat.